DLH Kota Magelang

MAGELANG MONCER SERIUS 2020

SIHONTANG (Siaga Pohon Tumbang)

Cuaca dan perubahan iklim yang ekstrim, serta dampak dari pemanasan global, membuat sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Kota Magelang mengalami perubahan iklim yang ekstrim sehingga terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Dampak bencana alam tersebut mengakibatkan banyaknya pohon-pohon yang tumbang di jalan atau menimpa rumah-rumah warga. Dalam konteks ini Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang mengantisipasi bencana yang mengakibatkan pohon tumbang dengan dibentuk tim Sihontang atau Siaga pohon tumbang.

SIHONTANG adalah Kesiapan dan Kesigapan serta Penanganan Team Siaga Pohon Tumbang  Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang dari Bencana Alam yang mengakibatkan tumbangnya pohon yang merupakan aset Pemerintah Kota Magelang, di bawah komando Plt. Ka.Bid Pengelolaan PJU, Pertamanan dan Pemakaman Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang.

Laporan dari masyarakat diteruskan ke Grup WA tim Siaga Pohon Tumbang, selanjutnya para anggota tim mempersiapkan peralatan penanganan Pohon Tumbang seperti Chain Saw dan Bendo langsung menuju lokasi Pohon Tumbang, sementara yang lain menyiapkan armada kendaraan seperti Ranger Mobil Crane, Dump Truk untuk mengangkut potongan Kayu Pohon tumbang.

Kesigapan Tim SIHONTANG selama ada bencana alam yang mengakibatkan pohon tumbang 24 jam. Masyarakat dapat melaporkan pohon tumbang pada Call Center 08562588811, 081215465550 atau pada (0293) 362342.

Dilihat: 875 kali


Artikel Lainnya