DLH Kota Magelang

 

Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) adalah salah satu dari beberapa dokumen yang secara rutin 1 (satu) kali dalam setahun wajib dibuat oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang yang dikirim ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah serta Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, serta diupload ke web Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang.

Nirwasita Tantra adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh  Pemerintah  kepada Kepala Daerah yang  memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya, yang dituangkan dalam dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD).

Di dalam DIKPLHD terdapat 3 (tiga) isu prioritas yang diangkat yaitu persampahan, pencemaran air, dan limbah domestik. Isu ini dirumuskan dengan melibatkan stakeholder (Dinas LH Kota Magelang, OPD terkait, Bank Sampah Kota Magelang, serta Akademi Teknik Tirta Wiyata Kota Magelang) kemudian dituangkan dalam surat pernyataan yang ditandatangani kepala daerah bahwa perumusan isu prioritas telah dilakukan secara partisipatif. Dalam dokumen ini juga terdapat inovasi yang dilakukan Walikota Magelang terhadap pengelolaan lingkungan hidup di Kota Magelang, dan juga terdapat 65 (enam puluh lima) tabel penunjang untuk analisis pengelolaan lingkungan hidup dengan menggunakan metode DPSIR (Driving Force-Pressure-State-Impact-Response). 65 (enam puluh lima) tabel penunjang ini kemudian diupload ke web dataalam.menlhk.go.id

Unduh DIKPLHD

Dilihat: 529 kali


Artikel Lainnya