DLH Kota Magelang

Pengumuman Pemenang Lomba Foto Lingkungan Kota Magelang Tahun 2022 »

Berdasarkan Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor S.113/SETJEN/DATIN/DTN.0/2/2022 tanggal 22 Februari 2022 Perihal Penyampaian Pedoman DIKPLHD Tahun 2022, maka dengan ini Pemerintah Kota Magelang menyusun Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) 2021. Penyusunan DlKPLHD ini sebagai bentuk akuntabilitas Pemerintah Kota Magelang kepada publik sehingga dapat menunjang pencapaian tata kelola pemerintahan yang baik sesuai semangat Reformasi Birokrasi.  

Pemerintah Kota Magelang telah melakukan upaya-upaya pengelolaan lingkungan sebagai bentuk kesadaran lingkungan dan respon atas permasalahan lingkungan yang terjadi yang dikembangkan dalam sebuah sistem informasi lingkungan hidup. Informasi lingkungan hidup ini sebagai sarana penyediaan data dan informasi lingkungan sekaligus menjadi alat yang berguna dalam menilai dan menentukan prioritas isu dan membuat rekomendasi bagi penyusunan kebijakan dan perencanaan dalam pengelolaan lingkungan hidup dan menerapkan mandat pembangunan berkelanjutan. Dilakukan oleh Tim yang dikukuhkan oleh SK Walikota Magelang yang terdiri dari OPD terkait, akademisi, dan lembaga masyarakat, penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) ini meliputi pengumpulan dan pengolahan data, analisis data, dokumentasi kebijakan, dan penyajian informasi dengan model D-P-S-I-R (Driving Force-Pressure-State-Impact-Response). 

DIKPLHD disusun secara terpadu dan terkoordinasi serta dipublikasikan kepada masyarakat dan menjadi bagian penting sebagai sarana penyediaan data dan informasi lingkungan hidup untuk menjadi acuan kebijakan dan perencanaan pemerintah daerah dalam menentukan prioritas pembangunan sesuai prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan hidup. Sebagai penghargaan bagi Pemerintah Daerah yang telah menyusun DIKPLHD serta leadership kepala daerah dalam pengelolaan LHK secara baik, setiap tahunnya Presiden Republik Indonesia memberikan apresiasi melalui penghargaan Nirwasita Tantra.

DOWNLOAD

 

Dilihat: 144 kali


Pengumuman Lainnya